Selasa, 30 Juni 2015

Review: Canva, Bikin Infografis Ga Pake Ribet

Gambar dipinjam dari sini.


Jadi begini, maks...

Saya ntu suka mupeng sendiri kalau ngelihat blog emak2 blogger keceh yang tambahin infografis dalam tulisannya. Tulisannya aja sudah ngasih info menarik, tambah infografis keceh pulak, wiii makin ciamik aja deh. Iri...Hehehe...

Saya ini udah keder duluan kalau harus berurusan sama yang namanya sotosop. Big no. Sudah pernah coba, tapi jadi bingung sendiri harus diapakan sih ini?? >_<

Saya penasaran, ada nggak sih sesuatu di internet apapun itu namanya yang memudahkan kita untuk bikin infografis tanpa harus berurusan dengan perangkat lunak satu itu. Browshing2, eh dapet informasi dari blog ini. Langsung buka, tanpa ba bi bu. Hehehe...

Saya tertarik dengan Canva dan langsung membuka situs itu.

Minta sign in 

Saat membuka pertama kali situs ini, kita diminta untuk sign in dulu. Beruntung, sign in-nya bisa menggunakan akun FB atau google. Langsung saya aktifkan akunnya dengan akun google saya. Setelah masuk, kita ditunjukkan terlebih dahulu bagaimana cara menggunakan situs ini untuk membuat desain yang kita inginkan. Bahkan Canva menyediakan halaman "Beginner's Challenge" untuk melihat sejauh mana kita memahami cara menggunakan situs ini.

 
Jangan khawatir nggak bisa menggunakannya, karena tersedia juga "hint" yang akan menunjukkan kita bagaimana cara menggunakan lewat video. Benar-benar user friendly. Setelah selesai, kita bebas menggunakan desain-desain gratis yang ada di sini. Mainan baru nih, hehehe...

Saya sendiri belum coba bikin desain yang gimana-gimana. Masih dalam tahap coba-coba, soalnya memang harus diulik-ulik dulu. Kalau lihat sekilas sih, banyak icon, background, dan layout yang gratisan. Tapi banyak juga yang berbayar. Meski begitu, situs ini lumayan banget buat pemula seperti saya.

Buat yang pengin setiap postingannya cantik, boleh banget pake Canva. 

Nah, ini hasil yang saya bikin. Saya sadar tidak punya bakat seni, jadilah hanya begitu hasilnya. Hehehe...


Salam.

3 komentar:

  1. Wah makasih infonya ya mak. Seru juga kayaknya ga pake repot ya. Memang klo liat blog2 emak2 yang lain keceh2 deh. hehehe

    Biasanya saya ga pake infografis, tapi boleh juga ini dicoba.

    Salam hangat,
    Zia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2, hehehe..
      Iyah, saya suka iri melihat mereka punya postingan blog yang bagus banget. Saya juga pengin bisa begitu, hehehe...
      Silakan dicoba, mak. Semoga berhasil bikin postingan blognya keceh juga. Hahaha...

      Terima kasih sudah mampir ya, mak. Kunjung balik ah. Salam ^^

      Hapus
  2. Aku pernah nyoba sekali dan harus bayar, huhuhu

    BalasHapus