Rabu, 24 Februari 2016

Catatan Kehamilan 35 Minggu: Berat Janin Kurang dan HPL Berubah-ubah


Alhamdulillah tanggal 13 Februari yang lalu saya kontrol kehamilan lagi. Hitungan saya sih sudah masuk 36 minggu. Namun, saat USG, terlihat kalau usia kandungan saya masih di kisaran 34-35 minggu. HPL yang awalnya jatuh pada 9 Maret 2016, berubah lagi jadi 29 Maret 2016. HPL yang berubah-ubah ini saya alami hingga tiga kali. Kali kedua periksa kehamilan diketahui tanggalnya jatuh pada 14 Maret 2016. Kemudian bulan berikutnya berubah lagi menjadi tanggal 24 Maret dan terakhir ya yang kemarin ini, 29 Maret.

Sebenarnya apakah HPL itu bisa berubah-ubah?

Saya coba cari tahu lewat googling. Dari hasil googling itulah, saya jadi paham bahwa HPL yang berubah itu akibat penggunaan USG yang secara otomatis menghitung perkiraan hari lahir berdasarkan hitung-hitungan besar janin yang dokter ukur. Makanya, perhitungan HPL yang cukup akurat adalah saat pemeriksaan USG pada trisemester pertama, yaitu saat ukuran janin masih kecil. Nah, kalo memperkirakan due date saat trisemester terakhir, hasilnya kurang akurat karena ukuran janin sudah membesar dan belum tentu berat janin sesuai dengan usia kehamilan. 

Jelasnya saya copaskan ya: 


Usia kehamilan tidak bisa ditentukan dari berat bayi, karena berat bayi berubah-ubah berdasarkan nutrisi yang dimakan ibu yang disalurkan ke bayi melalui plasenta. Alat USG memang memberikan data berat bayi dan HPL-nya. Tetapi itu cocok kalau bayi memang tumbuh secara tepat sesuai dengan usia kehamilan. Kalau tidak ya, ya tidak bisa digunakan sebagai acuan. Yang paling umum adalah berdasarkan HPHT, tetapi kadang ada pasien yang lupa kapan HPHT-nya dan datang ke dokter saat kandungan sudah 9 bulan. Nah kalau gini, dokter hanya bisa memberikan informasi apakah kandungan sudah “cukup bulan” atau belum. Tapi kebanyakan sekarang pasien mulai awal kehamilan sudah rajin memeriksakan kandungan,jadi bisa diketahui kapan HPL dan perkembangan bayinya. (Sumber)

Saya mah aneh aja sama dokter yang periksa saya. Dia nggak punya jawaban saat saya tanyakan kok HPL saya berubah-ubah ya, dok? Dia hanya bilang, "HPL-nya mundur jauh banget nih." Lalu dia bilang kalau berat janin saya hanya 2,4 kg. Seharusnya di usia kandungan 34-35 minggu, berat janin sudah mencapai 2,6 kg. Saya pun diminta banyak-banyak makan es krim dan kontrol kembali dua minggu kemudian untuk cek lagi berat janin.

Baca: Catatan Kehamilan 30 Minggu: Sungsang dan Derita Wasir

Siapa yang nggak seneng makan es krim? Ahahaha...kesukaan banget. Tapi di rumah itu ada anak-anak yang lagi dibatesin sama ayahnya konsumsi es krim. Ayahnya khawatir anak-anaknya sakit karena makan es krim mengingat kondisi cuaca yang sedang hujan-hujannya begini. Jadinya pun saya makan es krim nggak bisa tenang. Harus sembunyi-sembunyi dari anak-anak. LOL.

Saya sadar mengapa berat janin bayi kurang dari yang seharusnya. Itu karena bulan lalu, saya mengalami wasir dan mencoba membatasi dulu asupan makanan berat. Jadi, seharian itu selama dua minggu, saya cuman makan makanan berat 2 kali sehari dan cemilan-cemilan saya ganti dengan buah-buahan dan kenyangin sama air putih banyak-banyak. Nggak heran juga saat cek kehamilan sebulan kemudian, berat badan saya hanya nambah 1 kg. 

Baca: Pengalaman Hamil dengan Wasir

Tapi, setelah wasir bisa diatasi, saya pun mulai makan makanan berat teratur, tapi nggak berlebihan juga karena saya masih ngenyangin perut sama buah-buahan dan air putih. Barulah pas kontrol kemarin ini saya diberi warning dokter kalo berat janin saya masih belum sesuai dengan usia kandungan seharusnya. Makanya dokter menyarankan banyak makan es krim. 

Karena makan es krim harus sembunyi-sembunyi dari anak-anak dan nggak bisa makan sambil menikmatinya, jadinya saya pun makan makanan berat aja agak lebih banyak dari biasanya. Harapannya, meski nggak makan es krim, berat janin semoga bisa naik. Amin...amin...

Baca: Biaya Persalinan di RS Al Islam Bandung (2015)

Oh ya, akhir-akhir ini lagi agak galau. Soalnya, temen-temen saya yang juga sedang hamil dan due date-nya hampir bersamaan dengan saya, yaitu awal Maret, sudah pada lahiran semua. Mereka partus lebih awal dari due date karena sejumlah faktor. Duh, Ya Alloh, semoga saya tetap sesuai due date. Soalnya saya baru merencanakan cuti kerja akhir Februari ini dan rencana lahiran di Kota Bandung, deketin orangtua saya yang memang tinggal di sana. Bismillah...Bismillah...

1 komentar:


  1. Perlengkapan bayi


    Sangat baik !!
    Oh ya, untuk bahan refrensi bunda semua yang ingin melihat produk branded, harga miring dan kualitas bagus dapat juga mengunjungi web kami


    Birds n Bees Online



    Keep sharing informasi baik :)

    BalasHapus