Rabu, 08 Oktober 2014

Review: Placement Test EF

Merasa kemampuan bahasa Inggris saya hancur berantakan, saya pun mulai googling tentang kemungkinan saya bisa ikut kursus bahasa Inggris. Eh, saya ingat di sebelah kantor kan ada EF, akhirnya mulai lah saya buka portal EF dan mulai baca-baca dan ada penawaran untuk mendapat undangan langsung dari EF mengikuti placement test hanya dengan memasukkan alamat email.

Respons pun ternyata cepat, saudara-saudara! Beberapa jam setelah saya memasukkan alamat email saya dan mendapat balasan dari EF, petugas EF akhirnya menghubungi saya untuk menanyakan kesediaan mengikuti placement test EF. Dari penjelasannya, placement test ini gratis. Kita juga nanti akan diberi tahu tentang program kursus lebih lengkap setelah placement test dilakukan. Sifat placement test ini tidak mengikat. Artinya, kalau kita merasa tidak cocok dengan metode pembelajaran dan biaya kursusnya, kita boleh kok mundur. Jadi, nothing to lose lah.


Tiba harinya kita janjian untuk placement test, pihak EF mengingatkan kita via SMS. Lalu, saat tiba di lokasi (saya ikut placement test di EF Mall Fx), saya cukup terkesima dengan tempat kursusnya yang ternyata dibuat sangat cozy. Bener2 nyaman. Bersih dan apik penataan interior ruangannya yang mengutamakan ruangan lega dan sofa-sofa yang diatur dengan baik.


SMS dari EF. Mengingatkan.

Setelah mengisi biodata, kita pun selama sekitar 20-30 menit menjawab soal yang terbagi dalam tiga bagian, yaitu grammar, listening, dan reading. Ngerjain soalnya bukan di kertas gitu, tapi di laptop secara online. Oh ya, ada baiknya kita bawa earphone, agar saat tes listening, kita benar-benar bisa mendengarkan dengan seksama.

Setelah berjuang dengan begitu banyak soal (sempet puyeng juga), akhirnya saya direkomendasikan di tingkat 9, yaitu level intermediate. Oh ya, sebelum tes, kita dikasih tau kalau nanti tesnya ada dua, yaitu tes tulis ini dan tes oral, yaitu tes ngomong bahasa inggris langsung sama native teacher (ooohhh nooo!!)


Hasil tes

Nah, setelah tes tulis, kita diminta menunggu sebentar. Dan ternyata yang datang bener native speaker. Jadi makin grogi dah! Hehehe...Sekadar informasi, di kantor, bahasa Inggris memang tidak digunakan sesering bahasa Indonesia. Karena orang yang kita layani adalah kebanyakan orang Indonesia. Kata orang, bahasa itu adalah keterampilan. Semakin sering diasah, semakin bagus keterampilannya itu. Sebaliknya, semakin ditinggalkan, maka semakin tumpul pula kemampuannya. 

Selama bekerja, saya hanya pernah bertemu/berbicara dengan 3-4 orang asing saja. Salah satu di antaranya adalah orang Jepang. Jadi, sangat jarang saya gunakan bahasa Inggris.

Ok, kembali lagi ya. Nah, native teacher ini namanya Luke, dia baru sebulan berada di Indonesia, tepatnya di Jakarta. Jadi, saat dia tanya, where do you live? Saya jawab, Tangerang, dia tanya lagi, where is that? Well, terpaksa harus dijelaskan dengan bahasa Inggris ala kadarnya. Hahaha...

2 menit berlalu. Banyak pertanyaan yang saya jawab seadanya. Setelah selesai, Luke merekomendasikan saya untuk memulai kursus di level 7. Itu karena kemampuan grammar dan vocab saya yang sangat kurang. Tapi, dia bilang pronunciation saya cukup baik, "sound natural," katanya. Hohoho...(lumayan lah ada bagian yang dipuji). But I know, good pronunciation its not enough. Apa artinya bisa pengucapan, tapi nggak tau harus ngomong apa karena nggak tau bahasa Inggrisnya? Heu...(getok jidat sendiri)

Nah, setelah selesai tes oral, tibalah marketingnya menawarkan program dan biaya kursus. Intinya, program yang ditawarkan EF sangat baik. Kita dibiasakan untuk berbicara bahasa Inggris langsung dengan native speaker. FYI, EF tidak punya guru orang Indonesia. Gurunya semua native dan lokal (maksudnya orang Asia yang bukan orang Indonesia dan mereka adalah pengguna bahasa Inggris aktif). 

Nah, sebelum masuk kelas, kita diminta untuk belajar mandiri via online. Materinya diberikan oleh EF dan kita harus menjawab dan mempelajari semua materi. Setelah semuanya dijawab, kita mendapat "tiket" masuk kelas. Tanpa tiket itu, kita tidak bisa masuk kelas. Ini jelas cocok untuk pekerja seperti saya.

Tapi, saat biaya. Wow, ternyata mehong. Untuk paket 6 bulan (1 level diselesaikan dalam waktu 1,5 bulan) biayanya sekitar Rp 12 juta. Tapi, kalau kita bayar cash, kita diberi diskon Rp 500 ribu. Huhuhu, mahal >_<

NB. Kalau mau tau se-cozy apa EF di FX, silakan klik ini.

67 komentar:

  1. yaampun, mahal banget.
    oiya, saya mau tanya apakah kita boleh ngambil 1 level saja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mahal. padahal tertarik banget sama programnya. kantor tidak memfasilitasi biayanya euy, hehehe...
      kayaknya nggak bisa deh, soalnya paket 6 bulan itu artinya kemampuan bahasa inggris kita meningkat dari (misalnya) beginner ke intermediate atau intermediate ke advance. Begitu. Jadi nggak bisa kita ambil hanya 1 level saja (1,5 bulan).

      Hapus
    2. Kursus di kelas memang seru dan asyik. Bisa tambah kenalan dan teman.
      Tapi kalo yang sibuk bisa coba kursus online di britishenglishclass.com ya :-D Online learning via WA/LINE ada lebih dari 90 guru jago. Ada yang lulus dari Sastra Inggris UGM atau yang emang dari kecil tinggal di US.
      Gak perlu malu klo salah pas belajar loh..

      Makasih ya.
      Cheers

      Hapus
    3. Cara gabung di wa atau line gimana??

      Hapus
  2. Kok beda-beda ya... ada yang 4 juta, ada 12 juta, jadi ini tergantung apa huf wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh ada ya yang bilang 4 juta? entahlah. aku sih kemarin ditawarinnya ya harga segitu. mungkin untuk program yang berbeda, seperti program untuk anak-anak di EF juga ada, mungkin ditawarinnya biaya segitu. *sotoy, wkwkwkw

      Hapus
    2. Kalo yang 4 juta itu Ef yang Franchise yang letaknya bukan di mall. Tapi kalo yg 12 juta itu.. Ef pusat. letaknya ada di mall mall.kenapa ef di mall mahal banget karena fasilitasnnya yang complete. Terus kita bisa masuk kelas kapan aja dari pagi sampe malem bisa sedangkan kalo ef yg franchise ada jadwalnya.

      Hapus
    3. oohh, gitu tho...
      nah, ada penjelasannya tuh. Mas-nya orang EF mungkin ya? Hehehehe...

      Hapus
    4. kemarin saya juga melakukan EF Placment Test, saya mulai dari level intermediate. memang sekitaran segitu harganya untuk level mbak, jadi untuk harga sepertinya tergantung tingkatan level individu jg sepertinya.

      Bingung mau ambil atau tidak. mengingat kebutuhan job yg saya lamar sekarang banyak yang membutuhkan bisa bahasa inggris lancar :")

      Hapus
    5. Saya sudah bayar pada mei 2015, Ikutan test di EF Mall taman anggrek byr 18 juta.

      Baru hari ini 4/3/17 baru saya mulai aktif belajarnya hehe..��

      Hapus
    6. Saya sudah bayar pada mei 2015, Ikutan test di EF Mall taman anggrek byr 18 juta.

      Baru hari ini 4/3/17 baru saya mulai aktif belajarnya hehe..��

      Hapus
    7. jadi program di tiap EF bisa beda ya? saya udh daftar di EF tebet dan ditawarkan program fronrunner, saya dapat FR 5 selevel intermediate. bayarnya 5,4 jt per level selama 3 bulan. Apakah program ini udh tepat? saya jg baru tau kalo di EF FX mall bisa masuk tiap hari dan kapan aj. jadi gk perlu ngikutin jadwal. disini saya hanya msk hari selama dan kamis selama 2 jam per hari

      Hapus
  3. Assalamualaikum Mba..

    wah menarik juga ya saya juga sedang berencanan untuk ambil kursus di EF tapi masih bingung antara EF @FX atau EF @KuninganCIty.

    kalau boleh tau kelanjutannya Mba jadi kursus di EF kah? mau tanya pengalaman nya setelah kursus di EF apakah terasa manfaat dan perkembangannya?

    terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wlkslm ^^
      Memang menarik banget kursus di EF. Tapi karena mahal dan kantor saya juga tidak mau memfasilitasi, akhirnya saya mundur, mbak. Saya yakin sih dengan program dan kurikulum yang EF punya, bermanfaat banget buat ningkatin kemampuan bahasa Inggris kita. Bukan cuman teorinya aja tapi conversation juga. Apalagi tutornya bule langsung dan kebanyakan nggak bisa bahasa Indonesia, jadi kita sebagai siswanya dituntut untuk bisa berbahasa Inggris juga saat ngobrol dengan tutornya di kelas. Well, saya percaya ada harga ada kualitas, mbak.

      Kalau sudah ambil kursus di EF, boleh dong share pengalamannya, mbak ^^ hehehehe...
      Terima kasih sudah mampir

      Hapus
  4. Saya kursus di EF Medan biayanya 4,5 juta per lever untuk program persiapan kuliah ke luar negeri

    BalasHapus
    Balasan
    1. per level itu maksudnya gimana, mak? kalau level sampai akhir level kemampuan, misal level akhir intermediate atau advance, ya berarti murah, eh, terjangkau deng...hehehehe...makasih infonya dan kunjungannya, mak ^^

      Hapus
  5. ka, saya baru mau coba gratis ef. tapi, kalau saya gajadi ambil gegara harganya agak mahal gpp kan ya mbak sm pihak ef nya?trus selama masa coba gratis ada biaya yg dikeluarkan ngga ya mba?

    BalasHapus
  6. ka, saya baru mau coba gratis ef. tapi, kalau saya gajadi ambil gegara harganya agak mahal gpp kan ya mbak sm pihak ef nya?trus selama masa coba gratis ada biaya yg dikeluarkan ngga ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang gratis itu hanya tes-nya aja, say. jadi kalau ikut pelatihannya mah ya memang harus bayar. karena tesnya gratis dan bakal ketemu bule langsung, mending ikutan aja dulu tesnya. kalau nggak ikut pelatihannya mah nggak apa-apa. tes itu untuk mengetahui level kemampuan bahasa inggris kita sampe mana. jadi seandainya mo ikut kursus, bakal ditempatin di kelas yang sama levelnya. gictu...hehehehe...semangat ya ^^

      Hapus
  7. Dalam minggu ini saya dan semua staff kantor, akan di ikutsertakan untuk pelatihan Bahasa Inggris di EF.. setelah saya membaca tulisan Ibu.. bikin saya deg.. deg an.. aahh tapi lanjut.. mumpung ada yang support.. hahaha.. terimakasih atas infonya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wwiiii, enak banget...
      ayo cerita gimana kelanjutan pelatihan bahasa inggrisnya di EF, hehehe...

      Hapus
  8. Lagi rencana Nihhh..buat ikut khusus bhsa Inggris 😁makasih pengalaman nya mbak,jdi aku LBH tau wkkk

    BalasHapus
  9. Sekedar share saya sudah daftar nie... 😂😂😭 biaya mahal banget yg setahun 16jt860 rb di DP 3jt360 dicicil setahun juga pakek bantuan AEON. 😭 les pertama langsung suruh bayar cicilan pertama tp ora punya duit jadi saya pending bentar... Kelihatannya emang bagus banget... Tapi memang bener kata penulisnya ada harga ada kuakitas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow...mehong sangat ya?
      ayo bagi ceritanya dong gimana pengalaman kursus di sana...hehehhe...

      Hapus
    2. Pas decide untuk pending, dapat offering yang lebih murah ngga kak dari sananya?

      Hapus
    3. nggak lah, say. qiqiqiqi...
      mungkin memang harganya segitu. hehehehe...

      Hapus
  10. Lekas daftar mumpung bulan Mei... Di Surabaya ada diskon besar2an karena ultah EF... ;)...

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa cuman di surabaya? diskon besar2an tuh kira2 bisa nggak ya dari 16 juta, trus cuman jadi bayar 2 juta aja? wkwkwkwkw...

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. abis tes gg dapet apa gitu kk misalnya sertifikat atau apa gitu???

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga ada lah, say. itu kan tes cuman untuk ngeliat sejauh mana kemampuan bahasa inggris kita dan setelah itu kita ditawarin paket les dari EF sesuai tingkatan kemampuan bahasa inggris kita berdasarkan tes tadi. gitchu...heheheh...

      Hapus
  14. Ingat waktu SMA pulang sekolah lanjut kursus bahasa Inggris di LIA. Sekolah di Cengkareng kursus di Slipi. Perjuang.. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. bahasa inggrisnya udah bagus ya, mbak. ajarin please...

      Hapus
  15. saya juga dapet mba undangan dari efkatanya ada satu bulan gratis gitu,itu bener ga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, enak tuh. mungkin promosi biar coba dulu sebulan, trus nagih metode kursusnya, trus lanjut deh bayar ndiri. hehehe...ambil aja dulu, mbak.

      Hapus
    2. 1 bulan gratis kalo byr cash full di awal,tapi klo pake yg program cicilan aeon,bakal hangus free 1 bln tadi....baru aja test dan daftar soalnya ^_^

      Hapus
  16. Pengen kursus EF, semalam sudah placement test, terus dapat offering 22juta untuk 1,5 tahun.. belum kepikiran mau bayar pakai apa ^^'

    Pengen baget master Bahasa Inggris, tapi EF worth it atau overpriced ya? temanku ambil kursus intensif bayar 7jt, ada class matenya yang "mengaku" bayar separuhnya untuk kelas yang sama. Itu orang bener ngga ya? ada yang nemu pengalaman kayak gini ngga? *maaf curhat* *galau banget* mohon infonya... makasih yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. whooooo??? seriusan 22 juta? ya ampun...bayar pake daun boleh ga ya? ahahaha...

      EF menurut saya sih worth, tapi ya untuk kantong saya sih nggak kuat!! saya pikir, well, masih banyak cara belajar bahasa inggris yang lebih murah, hehehe...

      mungkin tergantung promo dari marketing EF-nya kali ya. EF kan kadang juga ngadain promo cash back 1 juta gitu, tapi ya kalo sampe separuh dari 7 juta, ya lumayan ya, bo...hehehehe...
      saya sih belum punya pengalaman apapun kursus di EF. hanya pengalaman ikut placement testnya yang bikin keder pas tes sama si mas bule ausie...ahahaha...
      jadi ya pilihan sepenuhnya ada padamu. menurut saya sih nggak usah dipaksakan. emang EF bagus, tapi kalau nggak kuat bayarnya, apa iya harus ambil kredit ke bank dulu? rasanya terlalu dipaksakan kalau sampe ambil jalur itu, ahahaha...
      tetap semangat belajar bahasa inggris ^^

      Hapus
    2. ada sih promo cashback 1 jt kalau kita berhasil ngajak temen buat ikutan kursus juga

      Hapus
  17. Karna bahasa inggris itu suatu keharusan apalagi saya kerja kalo rapat pakenya bahasa inggris, akhirnya saya putusin placement test di EF dan stelah ngobrolin harga untuk yg 18 bln sekitar 22juta lbih untuk 12bln 16juta lbih. Saya baru mau daftar hari ini dengan bantuan aeon ambil yg 12bln DP 3.360. Di ef enak banget jambljr yg fleksibel aeon pun dibikinin sama ef jadi kita ga perlu repot.tapi yakin langsung ada peningkatan ngga ya kira kira stelah les di ef?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, kalo memang ada tuntutan dari kerjaan mah rasanya pilih kursus bahasa inggris adalah keputusan yang tepat. saya pun mungkin akan berpikir yang sama jika memang tuntutan pekerjaan seperti itu. saya sih yakin ya bisa meningkat kemampuan bahasa inggris kita. bahasa itu kan hubungannya sama keterampilan ya, jadi semakin kita sering menggunakannya (berlatih berbahasa), saya yakin semakin terampil kita berbicara. suka mupeng sama orang yang was wes wos ngomong bahasa inggris tanpa mikin bahasa inggris untuk kata ini apa ya? ahahahaha...sukses ya shanti ^^

      Hapus
  18. Aku pengen ikut yang kelas gratis mbak, kelas gratis itu brp har ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada baiknya sih langsung tanya sama CS EF deh, karena saya juga nggak tau ada kelas gratis macam beginian di EF. hehehe...maaf ya jawaban saya nggak membantu blas...

      Hapus
  19. kebetulan hari ini baru placement test di EF FX Sudirman.. Kesan pertama sih keren ya.. ambience blajar nya mendukung banget..
    pas dateng langsung placement test dan dapet level intermediate.. Lalu sama salesnya ditawarkan yg program 6 bulan.. klo g salah.. disini minimalnya 6 bulan..biaya 9.8 juta.. klo bayar tunai potongan 500ribu.. jadinya bayar 9.3juta.. awalnya sih mau pakai promo KK aja cicilan 6 bulan 0%.. cuma gara2 ada potongan 500ribu tadi.. jadinya tunai dah.. abis itu langsung lihat saldo rekening..hix.. gapapalah itung2.. no pain no gain.. iklash aja.. namanya juga perjuangan, pasti butuh pengorbanan.. apa sech?
    menurut gw programnya ok dan cukup intensif sih cocok bagi yg udah kerja juga soalnya banyak online coursenya yg harus diselesaikan untuk dpt voucher in class nya. jadinya kita dipaksa disiplin ngerjain self learning..trus kita juga bisa ambil kelasnya tdk di tempat kita daftar..tinggal pilih2 aja pas maunya dimana.. untuk adult klo g salah ada 4 titik yg bisa dipilih FX.. The Plaza.. Kuningan City dan Taman Anggrek klo g salah..
    yowis critanya itu dulu.. mudah2n bisa manfaatin optimal.. karena dah bayar..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas, kalo cicilan, tengah jalan putus kontrak atau keluar. boleh ya?

      Hapus
  20. kebetulan hari ini baru placement test di EF FX Sudirman.. Kesan pertama sih keren ya.. ambience blajar nya mendukung banget..
    pas dateng langsung placement test dan dapet level intermediate.. Lalu sama salesnya ditawarkan yg program 6 bulan.. klo g salah.. disini minimalnya 6 bulan..biaya 9.8 juta.. klo bayar tunai potongan 500ribu.. jadinya bayar 9.3juta.. awalnya sih mau pakai promo KK aja cicilan 6 bulan 0%.. cuma gara2 ada potongan 500ribu tadi.. jadinya tunai dah.. abis itu langsung lihat saldo rekening..hix.. gapapalah itung2.. no pain no gain.. iklash aja.. namanya juga perjuangan, pasti butuh pengorbanan.. apa sech?
    menurut gw programnya ok dan cukup intensif sih cocok bagi yg udah kerja juga soalnya banyak online coursenya yg harus diselesaikan untuk dpt voucher in class nya. jadinya kita dipaksa disiplin ngerjain self learning..trus kita juga bisa ambil kelasnya tdk di tempat kita daftar..tinggal pilih2 aja pas maunya dimana.. untuk adult klo g salah ada 4 titik yg bisa dipilih FX.. The Plaza.. Kuningan City dan Taman Anggrek klo g salah..
    yowis critanya itu dulu.. mudah2n bisa manfaatin optimal.. karena dah bayar..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, akhirnya ada yang sudah bener2 daftar dan bayar di EF nih. ditunggu banget reviewnya belajar bahasa inggris di EF ya. siapa tau bermanfaat buat yang lagi cari2 tempat kursus bahasa inggris. good luck buat kursusnya ya. yup, bener, emang kalo mo sukses, harus ada pengorbanan dulu, salah satunya rela saldo rekening berkurang drastis ya, hehehehe...

      Hapus
  21. Mohon ijin sharing ya.

    Kebetulan saya bekerja sebagai Education Consultant di EF. Kayaknya banyak yg tanya-tanya soal harga n program di EF ya.

    Sebagai informasi, EF yang dikunjungi mba di FX Sudirman adalah EF for Adults. EF for Adults ini berbeda dengan EF pada umumnya yang di ruko-ruko yang sifatnya franchise.
    EF for Adults diperuntukkan utk profesional, karyawan dan orang-orang yang susah mengatur waktu untuk kursus dengan fixed schedule. Jadi di EF for Adults ini memberikan pilihan pada student untuk mengatur jadwal belajarnya sendiri.

    Oleh karena itu, karena ditujukan untuk pasar dewasa (18+) maka program belajar dan cara belajarnya pun berbeda. Disini lebih ditekankan pada praktek untuk sehari-hari dan kebutuhan bisnis/kantor. Suasana yang dibangun pun berbeda. Makanya tempatnya cozy :D

    Apakah hasilnya worthy dengan harganya? Semua itu kembali pada studentnya. Sejauh mana si student bener-bener memanfaatkan fasilitas dan program yang diberikan :D

    Semoga bisa membantu menjawab penasarannya teman-teman ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, terima kasih atas infonya. semoga bermanfaat untuk yang benar-benar cari informasi ttg EF. Terima kasih juga sudah berkunjung ke blog ini. salam.

      Hapus
  22. Selamat Siang,
    saya sudah membaca blog anda, sangat mudah di pahami dan saya sangat tertarik untuk bekerja sama dengan anda, kami dari Forexmart menawarkan kerja sama affiliasi yang sangat menguntungkan untuk anda, jika anda berminat dan tertarik dengan penawaran ini bisa menghubungi email saya di hellokittykucing89@gmail.com dan saya akan memberikan informasi yang lebih lengkap mengenai penawaran kerjasama ini.
    Terima Kasih dan salam sukses untuk anda

    BalasHapus
  23. Saya sudah bayar pada mei 2015, Ikutan test di EF Mall taman anggrek byr 18 juta.

    Baru hari ini 4/3/17 baru saya mulai aktif belajarnya hehe..��

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, ditunggu review-nya ya, kakak, hehehehe...siapa tau bermanfaat untuk orang yang memang cari tempat kursus bahasa inggris.

      Hapus
  24. Saya juga sdh jadi student di program EF Adult. FYI, program ini hanya ada di 5 tempat: 4 jakarta n 1 sby (Sutos). So far, saya sangat menikmati kursus di sini. Banyak metode yg diajarkan. Pembelajar selalu fun. Kita juga bs belajar di mana aja (bisa pilih di antara 5 tempat). Kebetulan saya dr Surabaya, tp daftarnya resminya di FX krena saya kuliah di UI. Nah kalau pulang kampung, saya booking class di Sutos. Kalo lagi males keluar rumah, saya ikut privat online dg native dari LN, ada yg dr UK, Scotland, dsb. Model pembelajaran privat online betul2 luar biasa. Mentornya sabar2, asyik, friendly, suka bercanda.. pokoknya they were great lecturers. Di EF online kita juga bisa kenalan dg seluruh students di seluruh dunia. Bisa chat dg mereka.

    Oya, model pembelajaran offline macam2: Face to face, one-1-one, workshop, extra class, live club. Kecuali extra class dan live club, semua kelas didesain berdasarkan level masing2.. Selamat berjuang ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oiya.. saya kena 16,8 jt per tahun.. cukup nyesek sih.. tp bagaimana lagi.. karena u meraih sesuatu harus banyak berkorban (apa sih..).. Tp cukup diringankan karena bisa dicicil per bulan hingga 1 th. DP minimal 3 jt, bonus belajar 1 bulan.

      Hapus
  25. saya kena 31juta untuk 18 bulan, langsung gak jadi ikut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wiw...hajuh, kalo ada beasiswa dari kantor ato sekolahan. mau ya diambil, huhuuhu...

      Hapus
    2. hello mbk Raisa, untuk harga EF 18 bulan gak sampai segitu kok, dan mbk raisa juga bisa bayar dengan cara mencicil. mungkin mbk raisa bisa kontak ak di 081284245257 untuk ak infoin harga 18 bulannya

      Hapus
  26. Gua baru ikut test kena 22jt dp 4,5 bayar admin 150.000 , per bulan 1500.000 baru mau masuk kelas senin besok. Mumet bayarnya doang

    BalasHapus
  27. Siang Teman Teman Semua,bagi kalian yang mau mencoba Gimana Seru nya belajar di EF for Adults di cabang FX kalian bisa Contact saya di No 0878 8122 4405 atas nama Ryan,
    Saya bisa kasi Free Placement test dan 1 day trial class...

    Minat buruan Dateng...Its Free

    BalasHapus
  28. Saya baru daftar EF utk 1 tahun cuma 16 juta kok. contact saya ya jika yang masih minat kursus di EF aq ada kenalan di sana, bisa cicil dan DP bisa disesuaikan.
    jujur saya juga cicilan biar ringan.
    contact saya ke 089680996676 (Fitri) berlaku untuk EF mana saja ya. aq kasih special price

    BalasHapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  30. Ef for adult rata2 minim kena brpa bulan ya.. Misalnya dr level rendah..

    BalasHapus
  31. Pengalaman belajar dulu di EF pas kuliah tingkat akhir (2012an) sih ikut yang per level gitu (General English namanya). Emang pricey tapi worth. Pengajar nya dulu itu sebulan native, sebulan lokal (per level 2 bulan klo ga salah). Yang native oke punya, masih inget dan terngiang2 banget materinya sampe sekarang. Tapi akhirnya gak lanjut ke level2 selanjutnya karena memang kendala di finansial yang harus diprioritasin untuk hal lain yang lebih urgent.

    Kalo menurut aku pribadi sih, biaya untuk pendidikan yang relatif mahal tapi kualitas bagus harus kita anggap sebagai investasi untuk karir masa depan entah itu pengusaha, pekerja kantoran, atau hanya untuk ngobrol dengan travelling mate.

    Rencananya pengen ngambil EF Adult untuk me-refresh dan mengejar lagi ilmu yang ketinggalan dulu. Hope will make it soon when I can get rid off this overwhelming work load.

    Oiya, thanks for the post! It was very fruitful.
    Best :)

    BalasHapus
  32. Kenapa mahal karna mungkin gaji pengajarnya juga tinggi.kan bule yg ngajarin langsung hehe...

    BalasHapus
  33. Kenapa mahal karna mungkin gaji pengajarnya juga tinggi.kan bule yg ngajarin langsung hehe...

    BalasHapus