Jumat, 31 Oktober 2014

Terapi Patch Selama Dua Bulan

Setelah merasa ada yang tidak beres dengan bola mata anak saya, saya kemudian bawa ke dokter mata khusus anak di Jakarta Eye Center Kedoya. Cerita awalnya saya bagi di sini.

Dokter yang menangani anak saya adalah dr. Florance Manurung, yang setelah saya googling, ternyata beliau memang konsern di persoalan strabismus. Dokter bilang, lebih awal ditangani, maka pengobatan atau terapi yang dilakukan mungkin dapat mengurangi atau bahkan mengobati persoalan strabismus ini. Mendengar penjelasan itu, ada rasa lega sekaligus khawatir. Bisakah mata anak saya benar-benar kembali normal?

Dokter bilang, dia tidak mau asal operasi. Katanya lihat dulu dengan terapi tutup mata dengan patch selama 1 bulan. Terapi ini maksudnya: setiap hari, mata anak saya harus ditutup dengan patch (penutup mata bergambar. teksturnya seperti plester luka, tapi bentuknya bulat dan di tengah-tengahnya ada bantalan untuk melindungi bagian mata). Mata yang ditutup bergantian setiap harinya selama beberapa menit. Duh, gimana sih ini jelasinnya ya?

Patch bergambar lucu. Tapi mahal, bo. 1 patch = Rp 10.000

Jadi, hari pertama mata yang ditutup sebelah kanan, hari kedua mata yang ditutup sebelah kiri. Demikian seterusnya selama sebulan. Kata dokter, terapi ini pasti membuat nggak nyaman si anak, jadi durasi ditutup matanya itu dilakukan secara bertahap. Minggu pertama ditutup selama 30 menit. Minggu kedua ditutup selama 45 menit. Minggu ketiga dan keempat ditutup selama 60 menit. Setelah satu bulan terapi patch, saya diminta kontrol lagi untuk lihat perkembangannya.

Oh ya, dokter bilang terapi ini dilakukan agar merangsang mata yang tidak ditutup untuk fokus/lurus melihat sebuah objek. Ini juga untuk menghindari mata yang bermasalah menjadi malas untuk melihat dengan baik, sehingga lambat laun mata itu akan semakin juling. 

Penampakannya seperti ini.


Khalif saat matanya diterapi menggunakan patch.


Satu bulan berlalu, saya kembali membawa anak saya untuk kontrol. Selama sebulan menggunakan patch, saya masih melihat ada juling di mata anak saya. Tapi, tidak sesering sebelum terapi patch ini. Semoga ini perkembangan bagus. Saat kembali kontrol, dokter minta pendapat saya tentang apa yang saya lihat selama terapi ini.

Terapi patch dilakukan saat beraktivitas, seperti bermain, nonton TV, dll, 
agar dapat merangsang mata yang tidak ditutup agar lurus dan tidak malas melihat objek.

Saya katakan, memang sudah tidak sesering dulu. Tapi terkadang masih suka saya lihat bola mata anak saya tidak lurus. Lalu, dokter bilang, "Anak usia segini kan memang belum fokus lihat objek."

Dokter kemudian memeriksa mata anak saya, dan bilang, "Nih, sudah nggak juling lagi." Dalam hati saya teriak, Alhamdulillah! Semoga anak saya baik-baik saja.

Lalu dokter bilang: "Tapi jangan langsung diberhentikan patch-nya. Sebulan ke depan tetap pakai patchnya ya. Lalu kembali lagi untuk kontrol setelah usianya 2 tahun."

Khalif-pun akhirnya masih pakai patch selama satu bulan berikutnya. Lepas dari patch, saya masih terkadang melihat mata anak saya juling. Tapi sudah sangat jaraaanggg sekali. Semakin besar, kini di usianya 1 tahun 4 bulan, saya sudah tidak pernah lagi melihat ada yang aneh di bola mata anak saya. Saya sudah tidak pernah melihat mata Khalif juling. Kedua bola matanya baik-baik saja. Alhamdulillah. 

Semoga saat usianya 2 tahun dan kembali kontrol ke dr. Florance, kondisi mata Khalif sudah tidak bermasalah. Amin. Doakan ya, mak. 

Terima kasih sudah mau membaca kisah saya. Semoga berguna bagi yang punya masalah yang sama dengan saya. Saat awal-awal Khalif terapi, saya banyak baca kisah dari blog yang ditulis oleh ibu/ayah yang punya masalah yang sama. Mereka banyak kasih info soal strabismus ini. Semoga Alloh memberikan kesehatan kepada anak-anak kita. Amin.         

27 komentar:

  1. Alhamdulillah... ikutan seneng mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak ada nmr telpin JEC nya kl beli ortopad nya bs di paketi gak?soalny dimedan susah cari..terimakasih

      Hapus
  2. Aslkm... mba dapat eye patchnya dimana yaaa? yang lucu2 hehehe... terima kasih infonya yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya beli di apoteknya JEC, mak. dan karena pasiennya anak-anak, jadi diresepinnya ya yang ada gambar2 yang lucu. hehehehe...

      emang buat siapa, mak?

      terima kasih sudah mampir ^^

      Hapus
  3. Buat anak saya... dia biasanya di aini sama dr. lembah redati (alm), pindah dokter baru khusus strabismus dan baru disarankan untuk terapi ini... biar anaknya semangat pengennya yang gambar2... nyari di seputaran cilandak ga ada.. kemarin di apotik aini juga lagi kosong....

    terima kasih yaa infonya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cari di apotek JEC, mak. Insya Alloh ada. Semoga anaknya semangat terapinya dan pulih dari strabismusnya ya, mak. Amin.

      Hapus
  4. Makasih banyak info nya bu, skrg saya sedang mengalaminya, semoga anak saya juga sembuh k3mbali, amin.

    BalasHapus
  5. Makasih banyak info nya bu, skrg saya sedang mengalaminya, semoga anak saya juga sembuh k3mbali, amin.

    BalasHapus
  6. Bun... bagaimana hasil mata anak bunda setelah terapi patch?
    Anak saya umur 2 tahun baru ketahuan oleh dokter... dan saya lagi proses terapi patch

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah perkembangannya bagus, bunda. semoga anak bunda setelah diterapi juga baik ya perkembangannya. amin

      Hapus
    2. Halo bun, anak sy jg br terapi ini. Semoga anakku sembuh sempurna jg. Anak bunda skrg usia brp, terapi brp lama dan apakah skrg udh sama sekali ga pernah ada mata malas nya bun?

      Hapus
    3. Amin, turut mendoakan agar bisa sembuh sempurna ya, bun. Sekarang anak saya sudah berusia 4 tahun lebih. dan alhamdulilah saya tidak melihat lagi ada yang salah dengan matanya. Alhamdulillah. Anak saya berarti total 2 bulan menggunakan patch, dimulai saat usianya 7 bulan. Berarti berhenti pakai patch di usia 9 bulan. Dan setelah itu, sangat jarang terlihat juling sampai saat ini. Semoga terapinya berhasil ya, Bunda. Terima kasih sudah berkunjung.

      Hapus
  7. Assalamualaikum bunda.
    Salam kenal..
    Anak saya umur 5 th jg mengalami stabismus extropia dan sudah menjalani terapi patch slama 1 th.. Senarnya waktu umur 2 th sudah nampak ada yg janggal dg mata anak saya,setelah anak sy mengalami kejang demam.. Akan tetapi krn kurang nya wawasaan sy,dan menurut mertua saya yg asli banjarmasin 'juling cuntanan jar' alias cm curi_curi aja nggak apa2 nanti hilang sendiri. Sebenarny mulai nampak juling nya tambah parah dan krn kesibukan saya bekerja, jd hal itu terabaikan.
    Stelah umur 4 th anak sy mengeluh kalo mata kanan nya bisa melihat tapi yang kiri tdk bisa.
    Hancur hati saya bund, lalu sy langsung minta rujukan ke dokter mata dan benar saja anak sy mengalami trabismus ekstropia.dan dianjurkan utk terapi pact..1 bln 2x hrs kontrol..butuh perjuangan dan menguras air mata bunda karna saat terapi pacth anak saya harus jatuh bangun karna mgkn penglihatanya tdk stabil..
    Selama 3 bln Alhamdulillah ada perkembangan dan skrg sdh berjalan slama 1 th terapi.yg awalnya bola mata kiri anak sy berputar kalo melihat sekarang berkurang.yg awalnya tdk bisa menangkap objek skrg mulai nampak.meski menurut dokter tidak akan bisa normal sperti semula.
    Akan tetapi saat ini anak saya mulai bersekolah TK dan saya dapati strabismusnya ekstropia nya nampak kembali.. Sy menemui dokter dan ptunjuk hrs terapi pacth lg lebih intens slama per 4 jam.
    Karna anak sudah besar dan mengerti, dia jd sering malu kalau harus diplester matanya.akhirnya baru dipasang 5 menit di lepas..sy konsul lg dg dokter,dan mnyarankan utk pakai plester kharakter lucu..
    Tp masalahnya sy sdh berliling apotik di wil Samarinda tdk ada yg jual pacth yg bergambar..dan sy brows di toko online jg stok kosong..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ikut prihatin atas hal ini, bunda. semoga tetap semangat menghadapi hal ini ya, bunda. Saya nggak tau juga apakah bisa dapat langsung di apotek JEC. saya khawatir harus dengan resep dokter. Tapi nanti jika ada waktu saya mampir ke apotek JEC untuk bertanya, bisakah saya mendapatkan patch karakter. Bisa email ke saya nomor WA, bunda. Tapi mohon maaf mungkin tidak dalam waktu dekat ini ya, Bunda. Terima kasih sudah berkunjung.

      Hapus
  8. Tolong rekom nya bunda dimana saya bisa beli pacth secara online?

    BalasHapus
  9. Tolong rekom nya bunda dimana saya bisa beli pacth secara online?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tadi saya sudah hubungi apotek JEC, bunda. Saya tanya apakah bisa beli patch karakter tanpa resep dokter. Katanya bisa, Bunda. Harganya per pc Rp 13.000 dan 1 box isinya 50 pcs. Kalau ambil 1 box harganya Rp 650.000 (kalo nggak salah). Karena usianya TK, jadi dia menyarankan pakai patch junior. Jika memang mau, nanti bisa saya belikan terlebih dahulu dan nanti saya kirimkan via JNE ke alamat rumah Bunda. Silakan hubungi email saya di ratih.anbarini@gmail.com untuk kasih nomor HP/WA bunda, nanti komunikasi bisa kita lanjutkan di WA ya, bunda. Semangat selalu untuk sembuhan ananda. Terima kasih.

      Hapus
  10. Bun nanya donk..pas pake pnutup mata tu, si adek pke kcamata juga nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak, mom. hanya patch saja. tidak pakai kacamata lagi. terima kasih sudah berkunjung ^^

      Hapus
  11. Maaf mau tnya, itu si adek julingnya sebelah aja ato 2 2nya? Anak sa
    ya cm sebelah aja, kalo pake patch yg ditutup mata normalnya kan?

    BalasHapus
  12. jika mata kanan yg juling yg ditutup yg mana?

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum,
    Melalui blog ini sy juga mohon bantuannya. Anak sy mengalami hal yg sama, saat ini anak sy usia 3 th 5 bulan. Saat periksa dokter memberi obat tetes, tp sy takut mempunyai efek yg lain, sy ingin terapi anak saya Pake eye patch. Sy cari di daerah Saya tdk ada, khususnya yg bergambar. Sekira, dimanakah sy bisa membeli eye patchnya? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf jika boleh bantu jawab.
      Sy jg td lagi cari2 patch berkarakter di onlineshop. Nemunya di shoppee mba.
      Ketik kata kunci eye patch.. Nnti akan keluar banyak. Cari yg bergambar mba. Kl mau yg g bergambar jg bnyk. Cari aj yg hrganya lbh murah. Ad yg isi 20 hrga 48rb (polos).
      Yg bergambar malah lbh murah tp pengiriman dr china. Nama tokonya di shoppee tu amart.id

      Smg membantu y

      Hapus
  14. Hai mba. Sy nemu tulisan mba krn lg googling patch berkarakter utk mata anak sy (6 thn).
    Brsn sy nemu patch hrga lbh bersahabat dr yg mba tuliskan dsna. di shoppee ada *20 pcs kids eye patch.* Hrga 28rb s/d 49rb. Nama tokonya di shoppee tu amart.id tp produk yg dikirim dr china. Agak lama pengirimannya.

    Cerita ttg patch... Anak sy sdh 2hr menggunakan patch krn lazy eye. Saraf mata sebelah kiri ad sedikit masalah. Jdi penglihatan jarak 2 meter lbih sdh kabur. Dokter sarankan menggunakan patch 6 s/d 8 jam per hari... Huft... Sedih lihatnya.
    Trus perekat patch yg dia gunakan agak menyakitkan saat dibuka. Sy kihat postingan mba ini thn 2014, skrg bgm kondisinya mba ? Bkh tau ��

    Btw hrga patch yg kami beli di Medan bbrp hr lku super mehong mba. 30rb/ pcs.
    Dokter sarankan 10, sy ambil 5 doank n berjuang cari yg murah... Ud nemu banyak murah lg. Ad yg 48rb/ kotak isi 20 merk nextar kl g slh. Tp warna kulit n polos. Layaknya plester biasa.

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum bundaaa, mohon maaf saya mau tanya.. apa kah bisa anak sy terapi pake patch tanpa konsul sama dokter.. Anak sy usianya 1thn 5bln dan matanya itu suka ga fokus, klo bahasa kami d kalimantan itu penglihatan cuntanan sy tkt kalau di biarkan malah makin parah.. trimakasih

    BalasHapus