Jumat, 28 November 2014

Nyamannya Mushola di Gedung Ini

Saya sangat mengapresiasi pemilik perusahaan, pemilik gedung, pemilik hotel, pemilik tempat perbelanjaan, pemilik tempat umum lainnya yang punya perhatian khusus bagi pemeluk agama Islam dengan menyediakan tempat sholat yang representatif. Tempat sholat yang saya maksud tidak perlu sebuah bangunan khusus, tetapi tempatnya nyaman, tidak bau, tidak kotor, terawat, dan sudah didesain dari awal sebelum bangunan/gedung utama dibangun. Bukan tempat yang dibuat darurat sehingga mengabaikan hal utama dari sebuah tempat ibadah, yaitu kesucian. 

 Gedung yang punya mushola yang menurut saya cukup representatif dan nyaman.
Gambar diambil dari sini.


Suatu hari, saya bersama seorang teman kantor "terdampar" di daerah Lebak Bulus dan tujuan akhir kami adalah pulang menuju Kabupaten Tangerang. Tapi karena waktu sudah hampir menunjukkan pukul 17.00 dan kami belum sholat Ashar, kami pun langsung mencari tempat sholat. Tapi sejauh mata memandang, sama sekali tidak terlihat ada masjid di kawasan itu.

Tak jauh dari tempat kami "terdampar itu", kami melihat sebuah gedung tinggi. Saya pikir, gedung itu mungkin punya tempat sholat yang bisa kami tebeng untuk sholat. Saya bergerak menuju gedung itu dan bertemu dengan 2 orang satpam. Tanpa berbasa-basi, kami pun langsung PDKT dan bertanya, apakah kami bisa ikut sholat di sini?

Dengan senang hati, satpam yang baik hati itu menunjukkan arah mushola yang terdapat di basement. 

Begitu masuk mushola, saya dapat merasakan hawa sejuk dari ac yang terdapat di mushola tertutup ini. Meski lokasinya berada di basement, tetapi sama sekali tidak tercium bau asap knalpot yang tertinggal dari mobil-mobil yang terparkir di sini. Sungguh nyaman beribadah di sini. 

Mukena yang tersedia juga tidak bau seperti kebanyakan tempat mushola umum. Tidak tercium juga bau lembab yang biasanya berasal dari bekas air wudlu yang tersisa dari si orang yang selesai berwudlu. Mushola ini juga menyediakan beberapa pasang sandal jepit yang diberi tanda khusus sederhana yang dapat digunakan oleh orang yang akan sholat. Lokasi tempat ambil wudlu yang terpisah dari mushola juga menjadi faktor mengapa bau lembab itu tidak tercium di mushola ini. Tampaknya mushola ini dirawat dengan baik dan dijaga kebersihannya. Salut dengan pemilik gedung ini.   
 
  Pintu masuk mushola


Tempat wanita


Tempat laki-laki

 Hawa sejuk itu berasal dari ac yang ada di mushola ini. 

Kalau emak yang lain, punya cerita tentang mushola yang enakeun juga kayak cerita saya ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar