Senin, 16 Februari 2015

Sop Tulang Salmon ^^ (untuk 1th ke atas)

 Sop tulang salmon yang masih di kompor ^^

Bismillah. Assalamualaikum. 

Bagaimana kabar hari ini? Alhamdulillah saya sendiri dalam keadaan sehat dan kembali berkutat dengan urusan kantor. Tapi, sebelum sibuk lagi dengan kerjaan, saya ingin sharing tentang resep masakan kesukaan Audi, anak saya yang pertama. Sop Salmon. Saya kenalkan Audi pertama kali dengan ikan ini sejak MPASI. Sejak itu hingga saat ini, Audi jadi doyan sama ikan yang harganya mehong ini.

Beli tulang salmon, soalnya harga daging salmon lagi melangit >_<


Yang jadi perhatian untuk ikan salmon ini adalah amisnya. Saya saja nggak tahan sama bau amisnya (tapi Audi fine-fine aja tuh). Nah, untuk mengurangi amisnya, saya tumis dulu dagingnya dengan butter sebelum cemplung ke air didihan untuk kuahnya. Ada tips juga, kalau belum bisa masak hari itu juga setelah dibeli, salmon dicuci bersih dulu, lumuri air jeruk nipis, potong-potong sesuai selera, dan masukkan dalam wadah tertutup, kemudian masuk freezer. Pas mau masak, jangan cuci lagi ikannya karena akan memicu bau amisnya lagi. Jadi langsung olah saja. 

Salmon ditumis dengan butter sebelum cemplung ke didihan air.
 
Berikut ini resepnya:
1 potong daging salmon (saya beli tulang salmon, untuk menyiasati harga yang mahal, qiqiqi)
Air jeruk nipis (secukupnya)
3 siung bawang putih (ukuran sedang - besar) dikeprek dan 
1 ruas jahe keprek
1 bh sereh keprek
2-3 lembar daun jeruk
1 bungkus kecil butter (boleh unsalted atau salted)
air untuk kuah
Wortel (untuk tambahan sayuran)
Tahu sutra (saya pakai merek Sakura, potong dadu)
Daun bawang (potong-potong)
Garam dan merica bubuk secukupnya


Cara membuat:
  1. Cuci bersih daging salmon, lumuri air jeruk nipis secukupnya, potong-potong sesuai selera. Sisihkan.
  2. Panaskan wajan antilengket, masukkan butter hingga mencair, tumis potongan daging salmon, balik-balik dagingnya hingga wangi dan berubah warna. Angkat, sisihkan.
  3. Dengan butter bekas tumisan salmon, masukkan bawang putih yang sudah dikeprek, tumis hingga harum.
  4. Didihkan air. Masukkan bawang putih tumis, jahe, daun jeruk, sereh, garam, merica. Lalu, masukkan juga salmonnya. Masak hingga mendidih.
  5. Masukkan sayuran, potongan tahu, daun bawang. Masak hingga sayuran empuk.
  6. Icip-icip. Jika kurang garam, tambahkan.
  7. Selesai.  
Salam.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar